Soal Persentase Kesiapan Tim, Pelatih Barito: Masih Nol Persen

JawaPos.com – Barito Putera telah kembali berlatih rutin usai tersingkir dari Piala Indonesia. Untuk saat ini, pelatih Jacksen FC Tiago lebih fokus dalam membenahi fisik. Soal kerangka tim akan dibentuk usai menjalani Training Camp (TC) di Malang pertengahan bulan ini.

TC di Malang nanti merupakan tahap awal dari pembentukan tim sesungguhnya dari Barito Putera. Karena itu, saat ini fokus pelatih adalah menggenjot fisik dan stamina dengan diiringi permainan.

“Jika ada yang bertanya berapa presentase persiapan tim saat ini, saya akan jawab nol persen,” kata pelatih yang pernah membela Persebaya Surabaya tersebut.

Hal ini diungkapkan Jacksen lantaran progam latihan fisik ini memang sudah dirancang usai mengikuti kompetisi 2018. “Ini memang program saya latihan fisik dulu. Latihan fisiknya bukan hanya lari saja. Tapi fisik dengan aliran bola, transisi, juga penguasaan bola dan lainnya. Intinya materi fisik dulu,” tambah Jacksen.

Jacksen memang tak mau terburu-buru membentuk kerangka tim, lantaran beberapa pemain masih belum lengkap. Saat ini ada tiga pemain Barito Putera masih mengikuti latihan bersama Timnas. Yaitu Muhammad Riyandi, Rafli Syahril, dan Dandi Maulana. Ini menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan Jacksen.

Kendati demikian, Jacksen pasti akan membuat kerangka tim dalam waktu dekat ini. Rencananya pelatih asal Brasil itu akan membuat kerangka tim setelah melakukan TC di Kota Malang beberapa hari lagi.

“Kita tanggal 17 Februari akan TC di Malang. Mudah-mudahan tidak ada perubahan jadwal. Soalnya tanggal 14 Februari ada acara launching dan bersholawat,” jelasnya.

Selama lakoni TC, Barito juga akan menggelar laga uji coba dengan beberapa klub di Malang, dari mulai level terendah dan nantinya akan terus meningkat. “Untuk tim mana yang akan diajak uji coba belum ada. Tapi progamnya dimulai dari tim amatir dulu, nanti naik tim Liga 3, Liga 2, lalu Liga 1,” ucapnya.

Jakcsen menambahkan, setelah 20 hari melakukan pemusatan di Malang. Dirinya baru akan mulai menatap kompetisi Piala Presiden 2019.

“Nah di Piala Presiden nanti, baru kita akan lihat komposisi Barito sebenarnya. Di mana kekurangan dan kelebihan di Piala Presiden ini yang akan jadi bahan evaluasi,” tutupnya.

Editor           : Agus Dwi W
Reporter      : jpg