PSM Ganti Nama Robert Alberts di AFC Cup, Pelatih Baru Kembali Menguat

JawaPos.com – Nama Robert Rene Alberts sebenarnya sudah didaftarkan sebagai pelatih PSM Makassar pada kompetisi AFC Cup, Senin (28/1). Akan tetapi, pada malam harinya, Robert Alberts memutuskan tidak kembali ke PSM. Berdasar itu, manajemen bergerak cepat. Mereka menggantinya dengan pelatih lain.

“Kami akan ganti dokumen pelatih. Selama ini kontraknya (Robert Alberts) masih berjalan. Itu yang membuat dia didaftarkan. Namun, saya pastikan PSM musim depan dipimpin pelatih baru,” beber CEO PSM, Munafri Arifuddin seperti dilansir Fajar (Jawa Pos Group).

Appi – sapaan akrab Munafri, menjelaskan alasan mengapa pemilihan pelatih PSM berlarut-larut. Awalnya sudah mendapat pelatih baru yang cocok. Tiba-tiba, ada kabar bahwa Robert Alberts bisa kembali. “Jadi saya batalkan pelatih baru,” ungkap Appi.

Akan tetapi, sebut Appi, Robert Alberts kemudian membuat keputusan tidak akan kembali. Berdasar itu, Appi kembali berkomunikasi dengan pelatih baru. “Dia akan datang pekan ini,” jelas Appi.

Hanya saja Appi belum ingin memberikan bocoran pelatih yang dimaksud. “Akan saya sampaikan lebih formal. Diumumkan sebelum melawan Kalteng Putra, Minggu (3/2),” tambahnya.

Kendati menutupi calon pelatihnya, Appi tak menampik selama ini pelatih yang dimaksud disebut-sebut di media. “Pokoknya dari Eropa. Pernah melatih di Asia dan paham sepak bola Asia,” imbuhnya.

Dari kriteria yang disebutkan, nama paling tepat adalah Darije Kalezic pelatih asal Bosnia. Kalezic pernah melatih di Al-Taawoun, klub yang berkompetisi di Saudi Profesional League, liga tertinggi Arab Saudi. Juga beberapa kali melatih klub asal Belanda. Dia pernah melatih mantan klub Wiljan Pluim, Roda JC musim 2015-2016.

Kalezic sudah lama menganggur setelah memilih mundur dari Wellington Phoenix (klub asal Australia) sejak 1 Maret 2018 lalu. “Terpenting, pelatih ini hasil dikusi dengan keempat asisten pelatih dan pemain,” terang Appi.

Sementara itu, gelandang PSM, Marc Klok, berharap agar pelatih yang mengarsiteki PSM merupakan yang terbaik. Dia tidak ambil pusing asal negaranya. “Siapa pun, sebagai pemain saya harap dia bisa membawa PSM juara,” harap Klok.

Editor           : Edy Pramana
Reporter      : jpg