Prediksi Persib vs Persiwa: Pantang Memandang Sebelah Mata

JawaPos.com – Meski akan kembali tampil langsung di hadapan Bobotoh, bukan berarti Persib Bandung tak punya beban. Sebab, laga melawan Persiwa Wamena pada babak 32 besar itu akan menentukan nasib mereka ke babak selanjutnya.

Pasalnya, pada leg pertama di Stadion Wijaya Kusumah Cilacap, Persib dipaksa untuk bermain imbang tanpa gol. Terlepas dari kegemilangan kiper Persiwa, Endang Subrata, lini depan Persib tak mampu menyelesaikan peluang yang banyak tercipta di depan gawang Persiwa kala itu.

Prediksi Persib vs Persiwa: Pantang Memandang Sebelah MataSrdjan Lopicic harus mampu menunjukkan permainan yang lebih baik dibanding leg pertama lalu. (persib.co.id)

Ini jelas menjadi pekerjaan rumah bagi pelatih Miljan Radovic. Beruntung, di laga kali ini Radovic sudah bisa diperkuat para pemain andalannya. Termasuk kapten Supardi Nasir yang pada leg pertama absen karena tengah menjalani ibadah Umrah.

“Pertandingan besok (hari ini, red) sangat penting, siapapun lawan kami, kami tidak pernah berpikir mereka dari mana atau strategi mereka seperti apa. Kami tetap berfokus kepada tim kami sendiri,” tegas kapten Supardi Nasir dalam sesi konferensi pers jelang laga, Minggu (10/2).

Meski tak merasakan kokohnya benteng pertahanan Persiwa di laga pertama, Supardi tentu tahu persis kesulitan yang dirasakan rekan-rekannya kala itu. Karena itu, wajar jika Supardi pun sudah mewanti-wanti kepada pemain Persib untuk tidak memandang remeh Persiwa.

Di sisi lain, Persiwa sendiri bakal menyiapkan strategi yang berbeda dibanding leg pertama. Mereka menyadari peluang untuk lolos sama besarnya dengan Persib. Yang akan menjadi pembeda adalah siapa yang mampu mencetak gol lebih banyak di laga nanti.

“Tentunya kami akan sedikit mengubah strategi. Karena kami masih punya kesempatan yang sama, masih punya kesempatan untuk lolos. Kalau kemarin kami banyak defend, sekarang kami memikirkan bagaimana caranya mencetak gol,” ujar Winaryo.

Berkaca dari pertandingan di leg pertama, tampaknya cara Persiwa untuk mencetak gol hanya akan terbuka melalui serangan balik atau situasi set pieces. Pasalnya, dalam beberapa serangan balik di leg pertama, Persiwa memang mampu mengancam gawang Persib.

Inilah yang harus diantisipasi oleh Persib. Jangan sampai keasyikan menyerang karena ini mencetak gol membuat pertahanan menjadi lengah. Satu gol Persiwa di Stadion si Jalak Harupat itu nilainya dua kali lipat dari gol yang dicetak Persib di tempat yang sama.

Artinya, jangan pernah meremehkan dan memberi peluang Persiwa untuk melakukan tendangan. Atau, akan ada hujatan dari Bobotoh kepada tim pujaan mereka. Tentu, ini bukanlah hal yang diinginkan Bobotoh terjadi di si Jalak Harupat nanti sore.

5 Pertemuan Terakhir
27/01/19: Persiwa 0-0 Persib
15/09/13: Persiwa 2-3 Persib
17/01/13: Persib 4-2 Persiwa
05/05/12: Persib 3-0 Persiwa
23/02/12: Persiwa 3-0 Persib

5 Pertandingan Terakhir Persib
27/01/19: Persiwa 0-0 Persib
08/12/18: Persib 3-3 Barito Putera
05/12/18: PSCS Cilacap 0-1 Persib
01/12/18: Persela 1-1 Persib
23/11/18: Persib 2-2 Perseru Serui

5 Pertandingan Terakhir Persiwa
27/01/19: Persiwa 0-0 Persib
30/12/18: Persibas Banyumas 1-1 Persiwa
15/10/18: Persiwa 1-0 Martapura
10/10/18: Kalteng Putra 2-0 Persiwa
04/10/18: Persiwa 2-3 Semeru

Perkiraan Susunan Pemain
Persib Bandung (4-4-2): M Natshir, Ardi Idrus, Supardi Nasir, Bojan Malisic, Indra Mustafa, Febri Hariyadi, Srdjan Lopicic, Frets Butuan, Kim Jeffrey, Esteban Vizcarra, Ezechiel N’Douassel
Pelatih: Miljan Radovic

Persiwa Bina Putra FC (4-3-3-1): Endang Subrata, Abdul Gafur, M Erwin, Noldi Saputra, Ridwan Ramadhani, Arfan AW, Fabio Marko, Munawir Basri, Sedek Sanaky, Agus Salim, Syamsul Bahri
Pelatih: Winaryo

Prediksi JawaPos.com
Persib menang: 50%
Persiwa menang: 39%
Imbang: 20%

Editor           : Agus Dwi W