Prediksi Persebaya vs Persib: Tanggalkan Sementara Pertemanan

JawaPos.com – Dua raksasa alumni kompetisi Perserikatan, Persib Bandung dan Persebaya Surabaya, bakal saling berjibaku di stadion Si Jalak Harupat, Kamis (7/3) sore. Meski punya hubungan akrab satu sama lain, di atas lapangan nanti keduanya adalah lawan. Kemenangan jadi target yang akan dicapai Persib maupun Persebaya.

Ini adalah laga Persib kontra Persebaya pertama di Bandung setelah absen selama sembilan tahun. Kali terakhir Persib menjamu Persebaya terjadi pada kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2010. Pada saat itu Persib yang masih diperkuat Nova Arianto dan kawan-kawan, menundukkan Persebaya dengan skor 4-2.

persebaya vs persibPersebaya dan Persib sama-sama ditinggal pemain utama karena dapat panggilan Timnas. (Angger Bondan/Jawa Pos)

Persib berkesempatan untuk menjamu Persebaya pada Liga 1 2018 kemarin. Namun apa daya, hukuman yang mereka terima membuat laga Maung Bandung versus Green Force terpaksa dilangsungkan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Bak sebuah partai yang sangat dirindukan, pertandingan ini menyedot banyak penonton. Baik dari kubu tuan rumah maupun tim tamu. Ribuan Bonek telah menyerbu Kota Kembang sejak beberapa hari yang lalu. Bonek akan mendapatkan kuota 2.300 tiket. Lebih dari 5 persen dari total kuota tiket suporter tamu.

Selain menjadi sebuah pertandingan spesial untuk Bonek, Bobotoh, maupun Viking, pertandingan ini juga menjadi ajang reuni bagi Djadjang Nurdjaman. Djanur-sapaan akrabnya yang saat ini menukangi Persebaya, adalah bekas pemain dan pelatih Persib.

“Itu sesuatu yang excited menghadapi tim yang pernah saya latih, dan menghadapi Bobotoh yang luar biasa. Saya selalu ingin menang dengan tim yang saya bawa,” ujar Djanur.

Djanur memiliki rekor bagus ketika bertemu dengan Persib sepanjang musim 2018 kemarin. Ia berhasil memperoleh kemenangan dari tiga pertemuan melawan Kim Kurniawan dan kolega. Dua kemenangan itu diukir bersama PSMS Medan dan Persebaya.

Sayang Persebaya tidak akan tampil dengan kekuatan utuh. Mereka kehilangan tiga pemain belakang. Ketiga bek itu adalah Otavio Dutra, Ruben Sanadi, dan Rachmat Irianto. Serta seorang winger, yaitu Osvaldo Haay.

Sedangkan Persib hanya kehilangan Febri Haryadi yang sama-sama bergabung dengan Tim Nasional (Timnas). “Saya pikir keuntungan ada di Persib,” sebut pelatih asal Majalengka tersebut.

Persib, yang baru saja dikalahkan PS TIRA-Persikabo, diprediksi akan tancap gas di laga ini. Pelatih Miljan Radovic bahkan memaksa Esteban Vizcarra yang baru pulih dari cedera, untuk tampil di pertandingan ini.

Selain Vizcarra, Persib sudah kembali diperkuat sang kapten tim Supardi Nasir. Tampil dengan kekuatan hampir utuh membuat Radovic percaya diri. “Semua pemain mempunyai motivasi yang bagus untuk menang,” ujarnya.

Namun demikian, Radovic mewanti-wanti pemainnya untuk tetap fokus menghadapi tim polesan Djanur. Sebab Persebaya menjadi salah satu kekuatan mengerikan di Liga 1 musim ini. “Laga ini saya prediksi akan berjalan seru dan menarik,” terangnya.

Supardi Nasir yang telah siap kembali ke lapangan juga mengingatkan rekan-rekannya untuk bermain lepas. Tak terbebani target harus menang atas Persebaya. Meskipun Persib harus menang untuk bisa menjaga peluang di Piala Presiden tahun ini.

“Kami harus menang, tetapi jangan menjadi beban,” pinta Supardi. “Jangan sampai kalah. Apalagi pertandingan ini sangat menentukan untuk kami ke depan. Kalau mau tim ini berlanjut, kami harus menang,” tegasnya.

Selama 90 menit, urusan pertemanan antara Persib dan Persebaya akan dipinggirkan dulu oleh kedua kubu. Karena masing-masing tim ingin mendapatkan kemenangan. Sebuah hasil yang akan membuka peluang mereka lolos ke babak berikutnya. 

5 Pertemuan Terakhir
20/10/18: Persib 1-4 Persebaya
26/07/18: Persebaya 3-4 Persib
13/05/10: Persebaya 0-0 Persib
14/02/10: Persebaya 2-1 Persib
23/01/10: Persib 4-2 Persebaya

5 Pertandingan Terakhir Persebaya
02/03/19: Perseru Serui 2-3 Persebaya
23/02/19: Persebaya 7-0 Persidago 
19/02/19: Persidago  1-4 Persebaya
16/02/19: Persebaya 8-0 Persinga Ngawi
23/12/18: PSKT Sumbawa Barat 2-4 Persebaya

5 Pertandingan Terakhir Persib
02/03/19: Persib 1-2 Tira-Persikabo
22/02/19: Arema 2-2 Persib 
18/02/19: Persib  1-1 Arema
11/02/19: Persib 7-0 Persiwa
27/01/19: Persiwa 0-0 Persib 

Perkiraan Susunan Pemain
Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra; Abu Rizal, Andri Muliadi, Syaifuddin, Novan Setya;
Alwi Slamat, Misbakus Solikin, Manu Jalilov; Irfan Jaya, Amido Balde, Damian Lizio
Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Persib Bandung (4-3-3): M. Natshir; Henhen Herdiana, Indra Mustafa, Bojan Malisic, Ardi Idrus;
Esteban Vizcarra, Hariono, Kim Kurniawan; Supardi Nasir, Ezechiel N’Douassel, Ghozali Siregar
Pelatih: Miljan Radovic

Prediksi JawaPos.com
Persebaya Menang: 30%
Persib Menang: 30%
Imbang: 40%

Editor           : Agus Dwi W
Reporter      : Muhammad Syafaruddin