Persipura Butuh Boaz Solossa untuk Tundukkan Tim Muda PSM Makassar

JawaPos.com – Padatnya jadwal yang dijalani PSM Makassar membuat mereka harus berbagi skuad. Melawan tim sekuat Persipura Jayapura dan butuh kemenangan di Piala Presiden 2019, Minggu (10/3) sore, pelatih Darije Kalezic justru memasang banyak pemain pelapis sejak menit pertama.

Sementara Persipura turun dengan kekuatan utama. Tak heran sejak menit pertama, Persipura mampu mendominasi permainan. Bermain di Stadion Moh Soebroto Magelang, sejumlah serangan berbahaya mampu diciptakan tim Mutiara Hitam sejak awal laga.

Seperti yang terjadi dalam kurun waktu 7 menit pertama. Boaz Solossa mampu menciptakan dua peluang apik dalam jarak dua menit. Beruntung kegemilangan Hilmansyah dalam mengawal gawang PSM membuat semua peluang itu bisa dimentahkan.

Skuad muda PSM pun mampu merepotkan Persipura. Mengandalkan kecepatan dan semangat tinggi khas pemain muda, sejumlah serangan berbahaya mampu dikreasikan Rasyid Bakri dkk.

Sebuah serangan balik PSM pada menit 39 menciptakan peluang emas.Persipur Guy Junior yang lepas dari kawalan mampu mengirim umpan silang ke depan gawang Persipura. Bola disambut dengan sundulan keras Saldi. Sayang, masih bisa dimentahkan kiper Persipura.

Menit 55 Persipura kembali mendapat peluang emas. Sebuah kontrol bola cantik dilakukan Boaz yang dilanjutkan dengan sebuah tekukan sebelum akhirnya melakukan tendangan kaki kanan ke arah tiang jauh.

Bola sudah gagal diaatisipasi Hilmansyah dan meluncur ke arah gawang. Namun tepat sebelum melewati garis gawang masih ada satu pemain belakang PSM yang bisa menjadi benteng terakhir.

Persipura mendapat peluang melalui set pieces di dekat kotak penalti pada menit 75. Menyusul kesalahan kiper PSM saat melakukan tendangan yang melewati kotak penalti. Boaz yang menjadi eksekutor gagal memanfaatkan peluang dengan maksimal.

Lima menit berselang, giliran PSM yang mendapat peluang melalui set pieces di dekat gawang Persipura. Tendangan melengkung Mark Klok masih bisa diantisipasi dengan mudah oleh Panggih.

Persipura harus bermain dengan 10 pemain pada menit 82. Pelanggaran keras Oh Inkyun terhadap Mark Klok membuat pemain asal Korsel ini mendapat kartu kuning keduanya dalam laga ini. Situasi yang cukup memberatkan Persipura untuk memenangkan laga.

Namun, dengan 10 pemain justru Persipura yang bisa mengakhiri kebuntuan pada menit 87. Berawal dari tendangan sudut yang dilakukan Tibo, bola sukses disundul dengan baik oleh Ribeiro. Sundulannya hanya mengenai mistar gawang.

Di sinilah kelas seorang Boaz Solossa terlihat jelas. Dia berada di posisi yang tepat untuk menerima bola rebound. Sepakan kaki kirinya membuat skor berubah menjadi 1-0.

Persipura pun akhirnya menutup laga dengan kemenangan tipis atas PSM. Hasil ini membuka peluang Persipura untuk lolos ke babak 8 besar karena sudah mengantongi dua kemenangan.

Persipura 1-0 PSM
(Boaz 87′)

Susunan Pemain
Persipura Jayapura: Panggih Prio, I Ansanay, Anis Tjoe (Salampessy 46′), Valentino Telaubun, A Ribeiro, Wallacer (Mesido 75′), M Tahir, Oh Inkyun, Manu Wanggai (Mandowen 56′), Titus Bonai, Boaz Solossa
Pelatih: Luciano Leandro

PSM Makassar: Hilmansyah (Reza 90′), Hendra Wijaya, Munhar, Reva Adi, M Arfan (Aji 67′), Takwir (Klok 67′), Saldi, Rezki Eka (Zulham 90′), Rasyid Bakri, Bayu Gatra (Hasyim Kipuw 70′), Guy Junior
Pelatih: Darije Kalesic

Editor           : Agus Dwi W