Persija Selalu Tandang di Kualifikasi LCA 2019, Ini Penjelasan PT LIB

JawaPos.com – PT Liga Indonesia Baru (LIB), turut menjelaskan Persija Jakarta selalu bermain tandang di kualifikasi Liga Champions Asia (LCA) 2019. Mereka menyebut kalau hal itu sudah menjadi aturan AFC.

Setelah menang saat bertandang ke markas Home United, Macan Kemayoran ditunggu oleh Newcastle Jets. Laga tersebut rencananya akan digelar pada 12 Februari 2019 di Newcastle International Sports Centre, Australia.

Pemenang dalam laga nanti akan menghadapi raksasa Jepang, Kashima Antlers. Untuk laga itu dijadwalkan berlangsung pada 19 Februari mendatang. Pertandingan juga akan dilangsungkan di Jepang. Andai menang lawan Kashima, Persija akhirnya sampai di penyisihan grup.

“Itu sesuai dengan ranking Indonesia di AFC. Hitungannya per dua tahun. Slotnya dihitung dari prestasi klub di Asia dan Timnas,” ungkap COO PT LIB, Tigorshalom Boboy saat dihubungi JawaPos.com.

Dalam regulasi AFC Pasal 9 Ayat 1 memang disebutkan secara jelas soal siapa yang berhak menggelar laga home di babak kualifikasi. Penentuan venue pertandingan babak kualifikasi ditentukan berdasarkan peringkat liga. Nah, liga yang peringkatnya lebih tinggi akan menjadi tuan rumah.

Saat ini, Liga 1 Indonesia ada di peringkat 27 AFC. Sedang kompetisi Singapura duduk di peringkat 22. Kompetisi Australia malah di posisi 9, dan Jepang ke-6.

“Jadi Indonesia terakhir saat ISC digelar, enggak dapat poin sama sekali,” tandas Tigor.

Editor           : Edy Pramana
Reporter      : Indra Eka Setiawan