Persib Hadapi Laga Hidup-Mati, Made Wirawan Pilih Menyepi

JawaPos.com – Kiper Persib Bandung, I Made Wirawan bukan tak peduli dengan perjuangan tim Maung Bandung yang akan menghadapi Persebaya Surabaya di Stadion si Jalak Harupat sore nanti. Selain karena masih dalam proses penyembuhan cedera, dia ingin fokus dalam menjalankan ibadah.

Ya, laga klasik Persebaya Surabaya kontra Persib Bandung sore nanti bertepatan dengan Hari Raya Nyepi. Untuk umat Hindu, mereka akan menyepi dan tidak melakukan aktivitas sama sekali. Ritual ini juga dijalani kiper Persib I Made Wirawan.

Untuk mempengeringati hari raya Nyepi, kiper asli Gianyar Bali itu harus absen sore nanti. Namun kali ini Made Wirawan tidak merayakan Nyepi di kampung halamannya.

”Saya besok (sore nanti, red) tidak ikut ke Stadion. Biasanya kalau di luar kota saya tidak bisa mengikuti tradisi secara lengkap. Hanya bisa jalani Nyepi di rumah saja,” ucap Made Wirawan, Rabu (6/3).

Made menuturkan, ada beberapa rangkaian kegiatan Nyepi di kampung halamannya. Seperti Melasti atau kegiatan sembayang yang dilakukan di pantai. Kemudian dilanjutkan dengan Pengrupukan.

Biasanya kegiatan ini ditandai dengan pawai ogoh-ogoh. Namun, tahun ini kiper 38 tahun itu harus absen dalam beberapa rangkaian acara tersebut karena tak bisa pulang kampung.

Nyepi di luar kampung halaman sebetulnya juga pengalaman pertama bagi Made Wirawan. Namun meski tidak merayakan Nyepi dengan keluarga besar, dia tetap khusuk menjalankan Nyepi di Bandung.

”Hari raya Nyepi ini untuk introspeksi diri. Agar bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi,” tutup mantan kiper Persiba Balikpapan tersebut.

Editor           : Agus Dwi W
Reporter      : (nia/bas)