Persela Terinspirasi Klub La Liga Spanyol

JawaPos.com – Kiprah Deportivo Alaves di La Liga Spanyol menginspirasi Persela Lamongan untuk menyusuri jalur yang sama. Walaupun bukan tim besar, Alaves mampu menembus enam besar Divisi Primera La Liga musim ini.

Tidak seperti Atletico Madrid, Barcelona, atau Real Madrid, pamor Alaves jauh tertinggal di belakang ketiga klub raksasa Spanyol itu. Meski begitu, Alaves berhasil membuat gebrakan musim ini. Hingga pekan ke-23, mereka bertengger di peringkat keenam.

Alaves hanya terpaut dua angka dari Sevilla yang saat ini duduk di peringkat keempat. Posisi Alaves juga jauh lebih baik dari klub-klub Spanyol lainnya yang lebih mencorong secara nama seperti Valencia, Athletic Bilbao, Celta Vigo, maupun Villarreal.

Jika di Indonesia, Alaves tidak jauh dengan Persela. “Sama-sama tim yang tidak dipenuhi pemain bintang. Bukan tim yang bergelimang finansial, tetapi bisa eksis,” sebut pelatih Persela, Aji Santoso kepada JawaPos.com.

Meski bukan klub besar, Alaves adalah klub yuang sangat profesional. “Mereka punya program yang sangat detail. Yang sangat mencolok adalah etos kerja pemain profesionalnya,” sambung Aji.

Sikap profesional itu yang harus ditiru oleh pemain Laskar Joko Tingkir – julukan Persela. “Contohnya saat latihan. Mereka selalu serius dan konsentrasi. Cara bermain, fighting spirit, itu yang menurut saya patut dicontoh,” beber Aji.

Editor           : Edy Pramana
Reporter      : Muhammad Syafaruddin