Pernah Jadi Bek Tangguh, Nova Arianto Siap Turunkan Ilmu ke Timnas U22

JawaPos.com – Keberadaan Nova Arianto sebagai asisten pelatih Timnas U-22 tentu dengan alasan. Dan, alasan itu terlihat saat Timnas U-22 melakukan persiapan menuju Piala AFF U-22. Mantan pemain bertahan ini menurunkan ilmu dan pengalamannya dalam menggalang pertahanan.

Pengalaman Nova Arianto sebagai bek memang mampu memberikan warna tersendiri bagi Timnas U-22 Indonesia. Pria yang menjabat sebagai asisten pelatih itu bisa memberikan masukan penting buat Rachmat Irianto dkk ketika menggalang pertahanan dan melakukan transisi dari menyerang ke bertahan.

Namun, sebelum mencapai tahap serius, Nova dan tim pelatih Timnas U-22 lebih fokus dalam memperbaiki kebugaran para pemain. Hal ini menjadi poin penting sebelum nantinya mulai mempelajari cara bertahan yang solid. Karena, problem kebugaran akan berdampak kepada mudah buyarnya konsentrasi yang berujung lawan bisa mudah mencetak gol.

Hampir setiap hari, materi fisik selalu diberikan. Memasuki pekan ini, mantan pemain Persib Bandung itu lebih intens lagi mendongkrak stamina. ’’Besok (hari ini, Red) kami akan minta anak-anak berlari 20 kilometer. Sedikit, hanya sekadar meningkatkan kebugarannya,’’ terangnya.

Setelah soal kebugaran diselesaikan, Nova bakal fokus untuk membenahi pertahanan. Terutama memahami soal compact defence. Pengalamannya selama berkarir sebagai bek akan ditularkan kepada Rachmat Irianto dkk. ’’Selama ini masalah komunikasi dan body shape masih sering salah,’’ jelasnya.

Menurut dia, pemain bertahan di Indonesia sebagian besar fokusnya hanya melihat bola. Padahal, tidak cukup di situ. Membaca permainan lawan dan bisa melihat pergerakan striker lawan jadi salah satu hal yang harus diperhatikan.

’’Harus juga melihat pergerakan pemain lawan tanpa bola. Itu harus dimengerti, semoga apa yang saya punya bisa berpengaruh bagus untuk tim,’’ ujarnya.

Di sisi lain, bek timnas Andy Setyo mengaku bahwa kehadiran Nova memang memberikan pengalaman baru baginya. Nova yang dikenalnya adalah salah seorang bek terbaik Indonesia memberinya banyak ilmu.’’Ya, saya bersyukur bisa belajar banyak. Bersyukur sekali,’’ paparnya.

Dia berharap ilmunya itu nanti bisa sangat berguna. Terutama ketika dia masuk dalam skuad Piala AFF U-22. Latihan selama dua pekan terakhir dinilainya berkembang sangat bagus.

’’Semoga jadi lebih baik lagi. Semoga bisa menahan gempuran lawan dengan baik untuk membantu tim menang,’’ jelasnya. 

Editor           : Agus Dwi W
Reporter      : (rid/ham)