Pemeriksaan Keempat, Jokdri Dicecar 69 Pertanyaan, Apa Saja?

JawaPos.com – Satgas Antimafia Bola mencecar 69 pertanyaan kepada tersangka usakan barang bukti terkait pengaturan skor, Joko Driyono (Jokdri). Puluhan pertanyaan itu diberikan kepada Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI itu saat pemeriksaan keempat pada Rabu (6/3).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, tidak menutup kemungkinan Jokdri akan diperiksa lagi. Namun untuk waktu pemeriksaan selanjutnya belum bisa dipastikan. 

“Jadi sudah 69 pertanyaan. Sudah di sampaikan kemarin,” kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Jumat (8/3).

Untuk pemeriksaan berikutnya, menurut Argo diserahkan kepada penyidik. Terkait apa saja pertanyaan yang dilontarkan penyidik, menurut Argo masih seputar kasus perusakan barang bukti saja.

“Tentunya nanti kami menunggu apakah dari penyidik akan menganggap itu sudah cukup atau belum. Kalau belum cukup, nanti akan dilakukan pemeriksaan kembali,” ujarnya.

Diketahui, petinggi lembaga sepak bola Indonesia itu diperiksa atas kasus perusakan barang bukti berupa dokumen pengaturan skor. Dia sudah ditetapkan sebagai tersangka sejak Kamis, 14 Februari. Hingga saat ini polisi belum melakukan penahanan terhadap Joko Driyono atas kasus penghancuran barang bukti tu.

Jokdri terancam dijerat dengan pasal berlapis. Dia disangkakan melanggar Pasal 363 yang terkait pencurian dan pemberatan serta Pasal 232 tentang perusakan pemberitahuan dan penyegelan.

Selanjutnya, Pasal 233 tentang perusakan barang bukti dan Pasal 235 KUHP terkait perintah palsu untuk melakukan tindak pidana yang disebutkan di Pasal 232 dan Pasal 233.

Pasal-pasal tersebut pada intinya mengenai tindakan pencurian dengan pemberatan atau perusakan barang bukti yang telah terpasang garis polisi.

Editor           : Erna Martiyanti