Lini Belakang Persebaya Masih Belum Solid

JawaPos.com – Empat gol terjaring ke gawang Persebaya Surabaya dalam tiga pertandingan di Piala Presiden 2019. Gol-gol itu lahir karena seringnya Persebaya bergonta-ganti bek di tiap pertandingan.

Kompisisi empat pemain belakang Persebaya selalu berubah-ubah dalam tiga pertandingan di babak penyisihan Grup A. Hanya dua pemain yang konsisten diturunkan dalam ketiga laga itu, yakni M Syaifuddin dan Novan Setya Sasongko.

Bongkar pasang di lini belakang terjadi karena banyaknya pemain Persebaya yang dipanggil Tim Nasional Indonesia. Otavio Dutra dan Ruben Sanadi bergabung dengan timnas level senior. Sedangkan Rachmat ‘Rian’ Irianto dipanggil Timnas U-22.

Adapun Hansamu Yama Pranata, walaupun absen di timnas, ia disibukkan dalam proses akad dan resepsi pernikahannya. Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman menyebut kondisi ini memang tidak ideal buat tim asuhannya.

“Tiga pertandingan, tiga kali bongkar pasang komposisi pemain di pertahanan. Bukan hal yang mudah,” ujar Djanur, sapaan akrabnya.

“Walaupun memang bocor sana sini, saya memaklumi. Sebab selalu berganti-ganti pasangan adalah situasi yang tidak bagus. Pressing juga tidak ada kendala. Mungkin ini yang harus diperbaiki lagi dalam latihan,” pungkas eks pelatih Persib Bandung ini.

Editor           : Bagusthira Evan Pratama
Reporter      : Muhammad Syafaruddin