Kunci Kemenangan Persela atas Arema FC: Tactical Knowledge

JawaPos.com – Persela Lamongan sukses menaklukkan Arema FC, Sabtu (9/3) malam WIB, dengan strategi kejutan yang telah dipersiapkan. Salah satunya yakni terkait perbedaan pola permainan dibanding saat melawan Persita Tangerang, Senin (4/3).

Pelatih Persela, Aji Santoso mengatakan, sebelum pertandingan dirinya sempat menyampaikan akan menerapkan cara bermain yang berbeda dibanding ketika melawan Persita. Dia sendiri mengakui secara head to head, materi pemainnya sangat jauh berbeda dibanding Arema FC.

Oleh sebab itu, menghadapi Arema FC, dia menggunakan taktik berbeda. “Saya menerapkan tactical knowledge. Saya benar-benar bermain dengan taktik. Apa yang saya berikan pada latihan, itu yang dibawa pemain di dalam lapangan,” ujar Aji.

“Bagaimana kami bertahan, dimana kami bertahan, bagaimana menyerang, dimana harus melakukan counter attack tadi sangat dijalankan dengan sangat baik,” lanjutnya.

Dia mengungkapkan, perbedaan yang sangat mencolok dibanding melawan Persita yakni ada pada formasi yang dipilih. “Ketika lawan Persita, saya pakai 4-2-3-1. Melawan Arema FC saya memakai 4-3-2-1. Jadi saya menggunakan dua gelandang serang dan 3 gelandang bertahan,” terangnya.

Menurutnya, skema itu sangat ampuh diterapkan dalam pertandingan melawan Arema FC. “Itu sangat ampuh. Saya tidak melihat playmaker Arema FC, Makan Konate, bermain. Dia sepertinya tenggelam,” jelas Aji.

Aji pun bersyukur bisa memenangkan pertandingan melawan Arema FC. “Alhamdulillah Persela bisa kalahkan Arema FC di kandang mereka. Menurut saya tidak mudah, tetapi anak-anak bermain sangat luar,” ungkapnya. Dia berharap, kemenangan atas Singo Edan bisa menjadi modal yang baik untuk pertandingan selanjutnya.

Sementara itu, gelandang asing asal Jepang, Kei Hirose menambahkan, Persela disebutnya bermain bagus dengan taktik brilian. “Seluruh pemain bertarung dengan kuat,” ujarnya.

Meski dia sangat menginginkan bisa mencetak gol, namun menurutnya hal itu tidak masalah asalkan Persela bisa menang. “Sebenarnya ingin cetak gol juga, tapi kemenangan tim lebih penting,” beber Hirose.

Editor           : Edy Pramana
Reporter      : Fiska Tanjung