Jacksen F Tiago Anggap Dirinya Seperti Bunglon

JawaPos.com – Jacksen F Tiago sudah kenyang pengalaman di kancah sepak bola Indonesia. Kurang lebih selama 25 tahun, ia membangun karirnya mulai dari pemain hingga sekarang menjadi pelatih di Barito Putera.

Berbekal pengalamannya, Jacksen sudah sangat mengenal kondisi sepak bola Tanah Air. Ia menyebut butuh adaptasi cepat agar bisa menyesuaikan diri dengan iklim sepak bola Indonesia.

“Dengan 25 tahun berkarir di Indonesia, saya bisa menjadi pelatih bunglon. Adaptasi dengan segala cuaca, no problem,” kata Jacksen di Stadion Maguwoharjo Sleman, Rabu (30/1).

Selain cuaca, semua pelaku sepak bola Indonesia juga harus terbiasa dengan jadwal pertandingan yang tidak menentu. Contoh mudahnya pada awal 2019 ini, beredar kabar Piala Indonesia harus dihentikan sementara. Karena rencananya pada Maret mendatang akan dimulai turnamen pramusim Piala Presiden.

“Tadi pagi saya bicara sama manajer, apa ada rencana kita main Februari. Karena saya sudah punya program di Februari. Ternyata ada Piala Presiden,” katanya.

Dirinya sempat membuat empat sampai lima program latihan. Namun sayang, semuanya tidak digunakan.

“Kami ngobrol dengan manajemen, kami susun program lagi. Meski itu bukan sesuatu yang ideal. Tapi bagaimanapun juga itu realita kita, mau apa?” pungkasnya.

Editor           : Bagusthira Evan Pratama
Reporter      : Ridho Hidayat