Ini Alasan Timnas Indonesia Mundurkan Jadwal TC di Australia

JawaPos.com – Timnas Indonesia harusnya sudah berada di Australia untuk melakukan training camp berdasar jadwal awal yakni Jumat (8/3). Tapi, nyatanya anak asuhan Simon McMenemy itu malah terlihat melakukan latihan di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (7/3) pagi WIB.

Latihan dilakukan secara tertutup. Awak media pun dilarang meliput seluruh program latihan pertama kali yang dilakukan oleh McMenemy sejak ditunjuk jadi pelatih Timnas pada 20 Desember tahun lalu. Nama-nama seperti Otavio Dutra, Evan Dimas, hingga Greg Nwokolo terlihat sudah ikut latihan.

Dari 27 pemain yang dipanggil, ada 3 nama yang masih belum hadir. ketiganya adalah Hansamu Yama, Yanto Basna, dan M. Ridho Ketiganya belum bergabung karena harus membela timnya masing-masing dalam turnamen Piala Presiden 2019.

Hansamu misalnya, Persebaya meminta kompensasi karena sudah kehilangan Otavio Dutra dan Ruben Sanadi. Dia masih bermain bersama Green Force ketika menghadapi Persib Bandung di Piala Presiden 2019, Kamis (7/3).

Begitu pula dengan Yanto Basna yang memang sudah sejak awal minta izin untuk terlambat hadir di TC. Dia bahkan rencananya tidak akan ikut TC di Australia. Hanya akan bergabung di Bali pada 18 Maret mendatang.

Sedangkan Ridho, dia bakal diizinkan oleh klubnya bergabung pada 16 Maret mendatang. Manajer Madura United Haruna Soemitro mengatakan timnya mendapat keringanan dari PSSI terkait Ridho. Sebab, sampai saat ini tim asal Pulau Garam itu sudah kehilangan 2 kiper utama untuk Timnas. Sebelumnya ada Satria Tama Hardianto yang sudah bergabung bersama Timnas U-23 Indonesia.

Madura United pun hanya menyisakan dua kiper muda, yakni Fawaid Ansori dan Rafit Ikhwanudin. Keduanya baru promosi ke tim utama. Belum punya pengalaman. “Ridho pasti akan bergabung bersama Timnas, tapi 16 Maret mendatang,” tegasnya.

Di sisi lain, Direktur Media PSSI Gatot Widakdo menjelaskan memang harusnya Tim Garuda sudah dalam perjalanan ke Autralia dan tiba pada hari ini, Jumat (8/3). Tapi karena adanya masalah administrasi, hal tersebut urung terjadi. “Bukan batal, tapi diundur 2 sampai 3 hari ke depan. Ini terjadi karena ada masalah administrasi visa,” ujarnya.

Sebagai gantinya, Timnas melakukan latihan di Jakarta hingga proses itu selesai. Tapi karena ada permintaan dari McMenemy yang tidak ingin ada media yang melihat latihan Kamis (7/3), latihan pun dilakukan secara tertutup. “Agar lebih fokus. Kan alasan TC di Australia juga itu, biar fokus juga,” ujarnya.

Sementara itu, McMenemy sendiri ketika ditemui Jawa Pos usai latihan menuturkan tidak ada yang spesial pada latihan tertutup. Dia hanya memperkenalkan diri kepada pemain, juga memperkenalkan siapa staf pelatih yang akan membantunya meracik Skuad Garuda dalam dua tahun ke depan.

Editor           : Edy Pramana
Reporter      : rid