Ini Alasan Persija Selalu Bertandang di Kualifikasi LCA 2019

JawaPos.com – Persija Jakarta menjalani perjuangan berat dalam kualifikasi Liga Champions Asia (LCA) 2019. Selain harus memulai sejak babak awal, mereka juga harus bertandang ke markas lawan-lawannya.

Setelah menang saat bertandang ke markas Home United, Macan Kemayoran kini sudah ditunggu oleh Newcastle Jets. Laga ini rencananya akan digelar pada 12 Februari 2019 di Newcastle International Sports Centre, Australia.

Pemenang dalam laga nanti akan menghadapi raksasa Jepang, Kashima Antlers. Untuk laga ini dijadwalkan berlangsung pada 19 Februari mendatang. Pertandingan ini juga akan dilangsungkan di Jepang. Andai menang lawan Kashima, Persija akhirnya sampai di penyisihan grup.

“Yang menjadi pertanyaan saya, kami menang di Singapura tapi kenapa kami harus ke Australia. Kenapa bukan mereka yang ke Indonesia? Saya tidak tahu peraturannya seperti apa,” tanya pelatih Persija, Ivan Kolev.

Ternyata, dalam regulasi AFC Pasal 9 Ayat 1 memang disebut secara jelas soal siapa yang berhak menggelar laga home di babak kualifikasi. Penentuan venue pertandingan babak kualifikasi ditnetukan berdasarkan peringkat liga. Nah, liga yang peringkatnya lebih tinggi akan menjadi tuan rumah.

Saat ini, Liga 1 Indonesia ada di peringkat 27 AFC. Sedang kompetisi Singapura duduk di peringkat 22. Kompetisi Australia malah di posisi 9, dan Jepang ke-6.

Jadi wajar, siapa pun wakil Indonesia yang tampil di kualifikasi Liga Champions Asia akan menjadi tim tamu ketika menghadapi lawan yang punya peringkat liga lebih baik. Itulah mengapa perjuangan Macan Kemayoran sangat berliku. Suporter, khususnya Jakmania tentu berharap akan ada buah manis yang bisa dipetik dari perjuangan Persija musim ini.

Editor           : Agus Dwi W
Reporter      : Indra Eka Setiawan