Gol Pemain Pengganti di Menit Akhir Jaga Asa PSIS di Piala Presiden

JawaPos.com – Sebuah laga superdramatis tersaji di Stadion Moch. Soebroto Magelang, Minggu (10/3) malam. Lewat perjuangan keras, PSIS Semarang berhasil meraih kemenangan saat bertemu Kalteng Putra. Gol penentu PSIS baru terjadi pada menit akhir waktu normal.

Menggunakan formasi 4-3-3, PSIS yang butuh kemenangan sudah langsung membuka serangan sejak peluit kick off ditiup wasit Mustopha Umarella. Terutama dengan menekan melalui sektor sayap.

Sementara Kalteng Putra yang sudah meraih kemenangan di laga pertama tampil santai. Mereka lebih berusaha menguasai bola. Meski tak punya pemain yang piawai dalam menahan dan mengalirkan bola.

Namun, laga memang seperti terlambat panas. Tensi baru mulai tinggi selepas 30 menit. Saling balas serangan mulai terjadi. Namun tak ada peluang yang cukup membahayakan. Babak pertama pun ditutup tanpa gol.

Memasuki babak kedua, laga mulai berjalan lebih cepat dan panas. Sejumlah insiden yang disebabkan para pemain yang tampil ngotot mulai sering terlihat di tengah pertandingan. Membuat wasit harus mengeluarkan sejumlah kartu kuning bagi kedua kubu.

Melewati menit 70 pertandingan benar-benar memanas. Seperti saat Diogo memberi ancaman serius melalui aksi individunya. Namun sepakan Diogo masih bisa ditepis Joko Ribowo.

PSIS akhirnya memecahkan kebuntuan pada menit terakhir waktu normal. Berawal dari sebuah tendangan sudut, bola berhasil dibuang oleh pemain Kalteng Putra menjauh dari kotak penalti.

Heru Setyawan yang baru masuk di babak kedua mampu melakukan kontrol yang apik dengan dadanya. Tanpa basa-basi lagi, sebuah sepakan voli kaki kiri langsung dilesatkan ke arah tiang jauh gawang Dimas Galih. PSIS unggul 1-0.

Di masa tambahan waktu. Kalteng Putra nyaris menyamakan kedudukan. Namun kegemilangan Joko Ribowo yang melakukan tiga save secara beruntun dalam kurun sekitar 5 detik membuyarkan peluang tersebut.

PSIS pun sukses mengakhiri laga dengan kemenangan. Hasil ini menjaga peluang mereka untuk lolos ke babak 8 besar. Laga terakhir nanti melawan PSM Makassar akan sangat menentukan nasib mereka.

Kalteng Putra 0-1 PSIS Semarang
(Heru 90′)

Susunan pemain
Kalteng Putra: Dimas Galih; Jhon K. Onorionde, Rafael, Wasyiat Hasbullah, Fajar Handika; I Gede Sukadana, Rizky Dwi Febrianto, Antoni Putro Nugroho; Diogo Campos, Patrich Wanggai, Ferinando Yohanes Pahabol
Pelatih: Gomes de Oliveira

PSIS Semarang: Joko Ribowo; Fauzan Fajri, M. Rio, Soni Setiawan, Heru Setyawan; M. Yunus, Safrudin Tahar, Septian David Maulana; Komarodin, Hari Nur Yulianto, Marini Junior
Pelatih: Jafri Sastra

Wasit: Mustopha Umarella

Editor           : Agus Dwi W