Fakta Menarik Amido Balde, Penyerang Anyar Persebaya Surabaya

JawaPos.com – Persebaya Surabaya mendatangkan pemain asal Guinea-Bissau, Amido Balde. Dirinya dipercaya menggantikan peran David da Silva sebagai ujung tombak.

Amido telah tiba sejak Kamis (31/1) malam. Setelah beristirahat, dia dijadwalkan untuk menjalani tes medis pada Jumat (1/2) pagi. Setelah itu, barulah Amido diperkenalkan secara resmi sebagai penggawa anyar Persebaya di musim 2019.

Pemain 27 tahun tersebut baru kali ini memasuki panggung sepak bola Indonesia. Namun Amido diprediksi tak akan kesulitan sebab ia punya pengalaman matang yang dipetiknya dari klub-klub Eropa.

“Dari jejak karirnya, dia pernah bermain dengan stopper Liverpool, Virgil Van Djik. Tubuhnya atletis, 193 cm tingginya dan badannya juga proposional. Semoga sesuai dengan harapan kami,” ucap pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman.

Amido dan Van Dijk pernah satu tim di Glasgow Celtic pada musim 2013-2014 lalu. Selain itu, ada beberapa fakta menarik lainnya dari sang pemain. Berikut ulasan singkatnya;

1. Amido Balde memulai karir di klub junior Sporting Bissau. Kemudian pada usia yang masih sangat muda, ia direkrut klub raksasa Portugal, Sporting Lisbon.

2. Sebelum berlabuh di Persebaya, sudah 15 tim yang pernah diperkuatnya. Selain Sporting Bissau dan Sporting Lisbon, ia juga sempat bergabung dengan Santa Clara, Badajoz, Cercle Brugge, Vitória Guimaraes, Glasgow Celtic, Waasland-Beveren, Hapoel Tel Aviv, Metz, Benfica Luanda, Maritimo, Tondela, Kukesi, serta Al-Nasr.

3. Amido Balde pernah bermain untuk Timnas Portugal U-19 dan U-20. Namun saat memasuki jenjang senior, ia memilih tim nasional tanah kelahirannya, Guinea-Bissau.

4. Amido Balde hampir pasti dikontrak oleh Persebaya. Jika sudah resmi, ia jadi pemain asing kedua di armada Green Force musim ini setelah Otavio Dutra.

Editor           : Bagusthira Evan Pratama