Eks Timnas Argentina Tampil Gemilang, PSS Bungkam Borneo FC

JawaPos.com – PSS Sleman berhasil meraih kemenangan pertama di fase Grup D Piala Presiden 2019. Menghadapi Borneo FC, Jumat (8/3) malam WIB, Super Elang Jawa – julukan PSS, meraih kemenangan dengan skor 2-0. Kemenangan ini menghidupkan asa PSS untuk melaju ke perempat final.

PSS sejak awal laga langsung tampil menyerang. Demikian pula dengan Borneo FC. PSS langsung menurunkan dua penggawa asing yakni bek Alfonso de la Cruz dan gelandang serang Brian Ferreira. Keduanya tampil apik. Alfonso solid di pertahanan, Ferreira tajam dalam memberikan umpan-umpan terukur.

Bahkan, eks Timnas U-17 Argentina itu mampu mencatatkan namanya di papan skor pada menit 22 dan membuat PSS unggul 1-0. Gol bermula dari tendangan bebas dari Haris Tuharea dan disambut oleh Alfonso. Bola kemudian diteruskan ke Brian Ferreira dan dikonversi menjadi gol.

Eks Timnas Argentina Tampil Gemilang, PSS Bungkam Borneo FCPSS menang dan Borneo FC tersingkir (Instagram Borneo FC)

Penampilan mantan penggawa Johor Darul Ta’zim itu memang mengundang decak kagum. Pergerakan lincah dan visi permainannya yang mumpuni membuat pertahanan Borneo FC kerap kerepotan.

Sebenarnya Pesut Etam bukan tanpa peluang. Namun, lini pertahanan PSS mampu tampil disiplin. Alfonso bermain lugas dan tanpa kompromi. Babak pertama berakhir dengan keunggulan PSS 1-0.

Pada babak kedua, Borneo FC memasukkan Terens Puhiri dan Matias Conti untuk menambah daya gedor. Hasilnya, tim asuhan Fabio Lopez itu mampu berganti menekan dan membuat sejumlah peluang. Bahkan, Conti hampir saja membobol gawang PSS pada menit 76. Beruntung, kiper Tri Hamdani Goentara mampu tampil ciamik.

Tri Hamdani kembali melakukan pengelamatan gemilang pada menit 82. Tendangan Dirga Lasut masih bisa dia amankan.

Gagal mencetak gol membuat pemain-pemain Pesut Etam frustrasi. Akibatnya mereka kerap melakukan pelanggaran tak perlu. Pada akhirnya salah seorang pemain mereka yakni Finky Pasamba mendapat kartu kuning kedua alias merah.

Kondisi itu ternyata dimanfaatkan oleh PSS. Pada pengujung laga, mereka mampu menambah keunggulan lewat Kushedya Hari Yudo, Dia mencetak gol lewat tendangan keras yang gagal dibendung kiper Borneo FC, Nadeo Argawinata. Hingga laga berakhir, PSS unggul 2-0.

Selain bermain apik, para pemain juga mendapatkan motivasi lebih setelah BCS (Brigata Curva Sud), kelompok suporter PSS, memutuskan mengakhiri boikot. Mereka meramaikan Stadion Maguwoharjo dan memberikan dukungan.

SUSUNAN PEMAIN
Borneo FC: Nadeo Argawinata; Diego Michiels, Jan Lammers, Javlon Guseynov, Abdul Rachman; Ichsan Kurniawan, Wahyudi Hamisi, Rival Astori, Ambrizal Umanailo, Renan Silva; Lerby Eliandry

PSS Sleman: Tri Hamdani Goentara; Purwaka Yudi, Jajang Sukmara, Alfonso De La Cruz; Haris Tuharea, Sidik Saimima, Rangga Muslim, Wahyu Sukarta, Brian Ferreira, Dery Rachman, Kushedya Hari Yudo

Editor           : Edy Pramana
Reporter      : Ridho Hidayat