Eks Madrid vs Eks Celtic, Siapa Lebih Hebat?

JawaPos.com – Menyambut kompetisi musim ini, Persebaya Surabaya dan PSM Makassar membuat gebrakan di bursa transfer. Dua klub raksasa tersebut resmi mendatangkan pemain yang pernah berkarir di pentas sepak bola Eropa.

Persebaya merekrut eks striker Celtic, Amido Balde. Di sisi lain, PSM memboyong mantan penyerang Real Madrid, Eero Markkanen.

Amido Balde belum melakoni debutnya karena baru diresmikan pada Selasa (5/2). Sedangkan Eero sudah mengenakan seragam PSM ketika menghadapi Kalteng Putra di Piala Indonesia, Minggu (3/2) lalu. Bahkan dirinya mampu mencetak satu gol yang membuat PSM lolos ke babak 16 besar.

Dalam jumlah gol, Eero memang tercatat lebih baik ketimbang penggawa anyar milik Persebaya. Sejak 2010, ia sudah membukukan 64 gol yang didapatnya di pertandingan resmi. Sedangkan Amido Balde, dari tahun yang sama ia hanya menorehkan 30 gol sejauh ini.

Dari jumlah gol yang sudah dicatatkan Eero, dua di antaranya ia ciptakan ketika berseragam Real Madrid musim 2014-2015. Sementara Amido Balde, tiga gol ia buat ketika membela Celtic di musim 2013-2014.

Saat memperkuat tim nasionalnya masing-masing, Eero juga masih lebih tajam ketimbang Amido Balde. Dengan tim senior Finlandia, Eero mengukir dua gol dari 17 penampilannya. Sedangkan Amido Balde baru menceploskan satu gol dalam empat pertandingan yang dilakoni Guinea-Bissau.

Meski demikian, bukan berarti Eero lebih baik ketimbang Amido Balde. Sebab apapun bisa terjadi di panggung sepak bola Indonesia.

Editor           : Bagusthira Evan Pratama