Duel Raksasa, Madura United vs Persija Berakhir Tanpa Pemenang

JawaPos.com – Hasil imbang mengakhiri bentrokan dua raksasa, Persija Jakarta dan Madura United. Tampil di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (8/3) sore, pertandingan berkesudahan dengan skor sama kuat 2-2.

Madura United mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu. Meski tidak diperkuat Greg nwokolo, Andik Vermansah, dan Zulfiandi, mereka tetap lebih dominan dari Macan Kemayoran.

Persija sendiri tidak menurunkan sejumlah pemain andalannya di pertandingan ini. Andritany Ardhiyasa dan Novri Setiawan sedang mengikuti pemusatan latihan dengan Timnas Indonesia. Sementara Bambang Pamungkas, Ismed Sofyan, Riko Simanjuntak, dan Maman Abdurahman sengaja disimpan jelang pertandingan di AFC Cup 2019.

Madura United dapat mencetak gol terlebih dahulu. Memanfaatkan counter attack, bola dikirim Slamet Narcahyo kepada Aleksandar Rakic. Sang ujung tombak yang tidak terkawal dengan mudahnya menjebol gawang Persija di menit 36.

Di sisa waktu babak pertama, Persija coba membalas. Namun kerja sama yang belum solid menyulitkan mereka sendiri. Skor 1-0 untuk keunggulan Madura United bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Persija melakukan perubahan dengan memainkan Rohit Chand dan Bruno Matos. Hasilnya bisa ditebak, Persija kembali menemukan bentuk permainan terbaiknya. Mereka bahkan bisa menyamakan kedudukan lewat sepakan kaki kiri Bruno Matos di menit 52.

Tak sampai di situ. Pemain kebangsaan Brasil tersebut juga berperan besar dalam gol kedua Macan Kemayoran. Tendangan bebasnya tak dapat diantisipasi dengan baik oleh Muhammad Ridho. Bola liar langsung disambar Ryuji Utomo untuk mengubah keadaan jadi 2-1.

Namun sayang, keunggulan Persija tidak bertahan lama. Sebab Aleksandar Rakic kembali mencetak gol di menit 67. Setelah lolos jebakan offside, Rakic memenangkan duel melawan Ryuji dan Daryono.

Agresivitas Persija mulai mengendur di pertengahan babak kedua. Situasi ini dapat dimanfaatkan Madura United untuk terus menyerang. Beberapa kali lini pertahanan Persija sampai dibuat jatuh bangun untuk menggagalkan peluang Laskar Sape Kerrab.

Persija sering balas mengancam lewat serangan balik. Namun usaha keras kedua tim untuk mencetak gol tambahan gagal terwujud sampai akhir pertandingan.

Dengan hasil imbang ini, Persija dan Madura United harus puas berbagai satu poin. Nilai mereka pun sama yakni empat yang diraih dari dua pertandingan.

Susunan pemain
Madura United: Daryono; Tony Sucipto, Ryuji Utomo, Steven Paulle, Dany Saputra; Nugroho Fatchur Rochman, Sandi Sute, Fitra Ridwan; Yan Pieter Nasadit, Heri Susanto, Silvio Escobar.

Persija Jakarta: Muhammad Ridho; Marckho Sandy Meraudje, Jaimerson Xavier, Fandri Imbiry, Andik Rendika Rama; Asep Berlian, Slamet Nurcahyo, Zah Rahan; Alfath Fathier, Beto Goncalves, Aleksandar Rakic.

Editor           : Bagusthira Evan Pratama
Reporter      : Ridho Hidayat