Dikalahkan Kalteng Putra, Pelatih PSM Berharap Pemainnya Tak Cedera

JawaPos.com – PSM Makassar gagal meraih hasil maksimal menghadapi Kalteng Putra dalam laga perdana Grup C Piala Presiden 2019, Rabu (6/3). Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Juku Eja takluk 0-1.

Penyerang Kalteng Putra, Antoni Putro Nugroho menjadi pemain yang mengandaskan ambisi Wiljan Pluim dan kawan-kawan mendapatkan poin. Gol tunggalnya pada menit 63 memaksa Juku Eja menelan pil pahit.

Soal kekalahan timnya, pelatih kepala PSM Darije Kalezic mengaku sedari awal timnya sama sekali tak ditarget apa pun. “Saya berharap pemain saya semuanya dalam kondisi yang bagus dan semuanya baik-baik saja setelah pertandingan ini,” kata Darije dalam jumpa pers setelah pertandingan.

Darije mengapresiasi kemenangan Kalteng Putra. Begitupun dengan kerja keras seluruh anak asuhnya sepanjang pertandingan. Menurutnya, hasil memang bukan tujuan utama timnya. Inti dari pertandingan itu, dikui Darije, untuk melihat bagaimana kualitas pemainnya.

“Pertandingan ini sangat sulit bagi kami dari babak pertama, jumlah kartu kuning menunjukan hal tersebut terutama dari lawan. Di babak pertama kami menciptakan banyak peluang. Kami dapat kesempatan bagus berulang kali tapi kami tidak dapat menciptakan gol. Dan di babak kedua kami tidak menciptakan peluang seperti di babak pertama,” jelasnya.

Alasan mendasar lain diungkapkan Darije adalah karena anak asuhnya diwajibkan untuk lebih fokus menatap pertandingan di AFC Cup. Sama seperti sebelumnya, Darije berpendapat jika turnamen ini hanya sebatas ujian bagi tim sebelum masuk ke lanjutan kompetisi level Asia dan Liga 1 2019.

“Semua orang tahu kalau kami bermain di Asia, bermain di Singapura dan menempuh perjalanan jauh. Kami hari ini bermain sesuai dengan kualitas. Dan Kalteng telah berupaya untuk dapat kemenangan, mereka juga bermain di Piala Indonesia. Saya pikir kami cukup imbang, sama-sama telah bermain baik,” ucap pelatih berkebangsaan Bosnia ini.

Mewakili seluruh pemain, Rizky Pellu mengaku telah berupaya semaksimal mungkin sepanjang pertandingan tadi. Seluruh instruksi sesuai dengan yang diterapkan pelatih bahkan telah dilaksanakan dengan upaya yang sangat maksimal.

“Pertandingan ini menarik. Babak pertama banyak peluang, yang jelas kami tetap fokus untuk menatap pertandingan-pertandingan selanjutnya,” pungkas Rizky.

Editor           : Agus Dwi W
Reporter      : Sahrul Ramadan