Dapat PHP Robert, Bikin PSM Lambat Tentukan Pelatih

JawaPos.com – Robert Rene Alberts sempat memberikan sinyal untuk kembali bersama PSM Makassar mengarungi kompetisi musim 2019. Namun, belakangan justru pelatih asal Belanda memberi isyarat tak bisa kembali melatih. Alhasil, PSM pun dibuat galau dalam menentukan pelatih baru. 

Sebelumnya, Robert menyatakan mundur sebagai pelatih PSM dengan alasan kondisi kesehatan. Manajemen pun sempat dibuat kelimpungan dengan keputusan mendadak Robert. CEO PSM Munafri Arifuddin menuturkan, sehari setelah Robert memutuskan mundur, pihaknya langsung berkomunikasi dengan sejumlah calon pelatih pengganti.

“Dalam perjalanan itu (mencari pelatih baru), saya komunikasi kembali dengan Robert dan ada perkembangan yang menggembirakan. Kemungkinan bisa kembali (melatih PSM). Padahal saya sudah deal dengan pelatih itu (pengganti Robert). Terpaksa saya batalkan lagi pelatihnya,” kata Munafri, Rabu (30/1).

Manajemen pun merespons baik keinginan Robert untuk kembali menangani tim. Namun, tak disangka kata Munafri, Robert kembali memberikan kabar mendadak soal statusnya bersama PSM.

“Hasil pembicaraan saya dengan Robert. Kenapa lama kami menunggu pelatih karena ada perkembangan yang baik yang diberikan setelah dia pamit. Ternyata dia (Robert) bicara sama saya lagi bahwa memang tidak bisa kembali (melatih),” terang pria yang karib disapa Appi ini.

Kondisi tersebut tak ditampik Appi menjadi faktor begitu lambatnya manajemen dalam memutuskan pengganti Robert. Hal ini membuat tim Juku Eja terkatung-katung tanpa pelatih kepala. Seperti saat melakoni leg pertama babak 32 besar di kandang Kalteng Putra.

Meski begitu, Appi akhirnya telah memastikan calon pelatih anyar yang akan menangani tim dalam waktu dekat. Orang nomor satu dalam struktur manajemen PSM ini bahkan telah mengagendakan akan merilis resmi identitas pelatih anyar nanti.

“Itu sudah ada. Intinya dalam waktu dekat akan kita perkenalkan. Sebelum pertandingan lawan Kalteng Putra,” ungkapnya.

Merujuk dalam jadwal resmi, PSM akan menghadapi Kalteng dalam leg kedua babak 32 besar Piala Indonesia di Stadion Mattoangin, Minggu (3/2). Enggan berkomentar lebih rinci, Appi memastikan beberapa hari sebelum pertandingan, pelatih baru ini akan diperkenalkan.

“Kita tunggu saja, yang jelas ini (pelatih baru) sudah pasti,” pungkasnya.

Editor           : Agus Dwi W
Reporter      : Sahrul Ramadan