Bukan Belanda, PSM Makassar Rekrut Pelatih Baru Berpaspor Bosnia

JawaPos.com – Manajemen PSM Makassar akhirnya resmi memperkenalkan pelatih yang bakal menangani tim pada musim 2019. Adalah Darije Kalezic yang dipercaya untuk menukangi tim Juku Eja menggantikan posisi Robert Rene Aberts yang sebelumnya mundur dengan alasan kesehatan.

CEO PSM Munafri Arifuddin mengungkapkan, dipilihnya pelatih berkebangsaan Bosnia itu setelah internal manajemen, melibatkan tim kepelatihan, melakukan serangkaian pertimbangan panjang. Terutama melihat CV dari sang calon pelatih.

“Setelah kami lihat rekam jejaknya, seperti apa awal-awal kami teliti. Kemudian kami pertimbangkan dan lihat kalau dia (Darije) memulai segala sesuatunya sebagai pelatih memang dari bawah,” kata Munafri di Makassar, Sabtu (2/2) malam.

psm makassarDarije Kalezic dianggap sebagai sosok yang tepat bagi PSM Makassar. (Syahrul Ramadan/JawaPos.com)

Pelatih berusia 49 tahun ini, dipercaya untuk menjadi juru racik tim karena pengalamannya yang dianggap cukup mumpuni. Melihat rekam jejaknya, 2016 lalu merupakan akhir karir Darije menangani Roda JC di Eredivisie Belanda.

Karir kepelatihannya kemudian berlanjut pada tahun yang sama dengan menangani Al-Taawoun, klub Arab Saudi. Terakhir, Darije menangani klub Liga Australia, Wellington Phoenix hingga pertengahan 2018. Menurut Munafri, pertimbangan pengalaman itulah yang kemudian pihaknya memutuskan untuk merekrut Darije.

“Kami butuh orang yang tepat untuk langsung menangani apa yang sudah kita punya sekarang. Tim sudah terbentuk tinggal bagaimana karakteristik pelatih yang sudah siap digunakan jasanya,” terang Munafri.

Bergabungnya Darije yang asal Bosnia mengakhiri spekulasi soal calon pelatih baru PSM. Sebelumnya, ada sejumlah kandidat yang dipertimbangkan pelatih. Termasuk pelatih asal Belanda.

Editor           : Agus Dwi W
Reporter      : Sahrul Ramadan