Berkas Johar Lin Eng Sudah P-21, Tiga Tersangka Lain Segera Menyusul

JawaPos.com – Skandal pengaturan skor yang melibatkan sejumlah petinggi PSSI sudah melangkah ke tahap yang lebih tinggi. Pihak kepolisian telah menyatakan berkas perkara untuk Johar Ling Eng sudah lengkap (P-21). Artinya, kasus ini segera sampai ke pihak Kejaksaan untuk ditindaklanjuti.

Johar Lin Eng tampak lesu ketika digiring dua petugas yang baru keluar dari Direskrimum Polda Metro Jaya, Selasa (22/1) sore. Mengenakan baju tahanan berwarna oranye dengan tangan diborgol, dia sempat kaget ketika melihat Jawa Pos berada di depannya. Kebetulan, Jawa Pos sedang menunggu Ketua Komdis PSSI Asep Edwin yang juga sedang dimintai keterangan di ruangan Direskrimum.

Turun dari tangga lantai 2, dia bergegas mempercepat langkahnya dan menjauhi kamera yang sudah disiapkan Jawa Pos. Anggota Exco PSSI (nonaktif) yang ditangkap atas kasus yang dilaporkan Manajer Persibara Banjarnegara Lasmi Indaryani itu berupaya menghindar ketika media berusaha mengambil fotonya.

Dua petugas yang mengawasinya pun bertindak sama. Mereka dan langsung masuk ke Gedung Dir Tahanan dan Barang Bukti Polda Metro yang jaraknya tidak lebih dari 10 meter dari Gedung Direskrimsus Polda Metro Jaya.

Melihat gelagat tersebut, tampaknya ada pengembangan baru dari kasus yang menjeratnya. Itu dibenarkan Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo.

Dia menuturkan berkas perkara Johar sudah lengkap (P-21) dan segera dilimpahkan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Kejaksaan Agung. ’’Paling lambat minggu depan,’’ ujarnya.

Bukan hanya berkas Johar, berkas tiga tersangka lain dalam kasus yang sama yakni Priyanto, Anik Yuni Artika Sari, dan Dwi Irianto juga sudah dinyatakan lengkap. Paling lambat pekan depan, Satgas Antimafia Bola menarget berkas perkara untuk empat orang tersangka itu dilimpahkan ke JPU.

”Targetnya, berkas perkara pekan ini sudah dilimpahkan ke JPU,” terang dia.

Situasi itu membuat PSSI kudu segera mengambil keputusan soal status Johar sebagai anggota Exco PSSI. Sebab, Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto sudah berjanji Johar segera diganti jika status hukumnya sudah jelas.

’’Kami segera melakukannya karena dalam statuta sudah tertuang,’’ ucap Iwan.

Editor           : Agus Dwi W
Reporter      : (rid/syn/ham)