Beban Berat Sang Pelatih Anyar

JawaPos.com – Tugas berat sudah menanti Darije Kalezic. Pelatih anyar PSM Makassar itu diminta membawa trofi juara pada musim 2019.

Kelezic merupakan orang baru di panggung sepak bola Indonesia. Meski demikian, manajemen PSM tetap menaruh harapan besar di pundak sang pelatih.

“Saya pikir minggu depan kita akan memulai kerja keras untuk itu. Saya akan mempelajari para pemain dan para staf. Mereka juga mempelajari saya. Seiring waktu saya yakin kalau kita akan saling berkembang,” katanya usai diperkenalkan secara resmi di Makassar, Sabtu (2/2).

Dengan pemain yang ada saat ini, Kalezic cukup optimistis membangun kekuatan. Kondisi serupa pernah dialaminya saat melatih Al-Taawoun, klub asal Arab Saudi.

“Bagaimana semua hal bekerja di dalam sini? Semuanya harus saling mengimbangi. Saya akan coba menghindari dalam pengambilan keputusan yang salah. Intinya harus punya hubungan yang baik lebih dulu dengan para pemain,” terangnya.

Meski belum melihat keseluruhan materi pemain, Kalezic optimistis bahwa komposisi yang ada saat ini dapat dimanfaatkan dengan baik. Ia bahkan berjanji bakal membawa perubahan selama masa kepemimpinannya.

“Setiap kali saya memulai pekerjaan sebagai pelatih, satu hal yang sangat jelas bagi saya. Optimisme dan kepecayaan. Saya datang ke sini karena satu alasan yang sangat penting dan akan melakukan apapun itu untuk memenangkan juara,” tegasnya.

CEO PSM, Munafri Arifuddin mengatakan, kalau dirinya sangat yakin memberi tugas besar ini kepada Kalezic. Sang pelatih diharapkan bisa lebih sukses dari Robert Rene Alberts.

“Intinya harus ada perubahan yang baik di dalam tim ini. Kita sudah punya pemain yang cukup komplit dan yang harus dilakukan adalah menentukan apa-apa yang terbaik untuk tim ke depannya,” ucap Appi, sapaan akrab Munafri.

“Tentu pasti semua tim saya pikir menginginkan hal yang sama (juara). Dan untuk mencapai target itu, pasti ditentukan dengan sumber daya yang memadai, pemain dan pelatih. Saya pikir dia orang yang tepat untuk itu,” pungkasnya.

Editor           : Bagusthira Evan Pratama
Reporter      : Sahrul Ramadan