Alasan Utama Arsyad Memilih Gabung ke PSS Sleman

JawaPos.com – PSS Sleman resmi mengikat kontrak eks PSM Makassar, Arsyad Yusgiantoro. Pemain 22 tahun ini dikontrak selama satu musim ke depan. Arsyad gabung ke PSS dengan harapan bisa mendapat jam terbang lebih banyak.

Bukan tanpa alasan jika Arsyad akhirnya memilih berlabuh ke PSS untuk musim ini. Di PSM, dia kurang mendapat banyak kesempatan tampil. Sementara di PSS, dia berpeluang mendapat banyak kesempatan karena merupakan pemain yang direkomendasikan langsung oleh pelatih PSS.

“Dia (Arsyad) kurang jam terbang dan menit bermain bersama PSM. Semoga dia berkembang dan bisa membantu PSS berprestasi musim ini,” harap Muly Munial, agen yang mewakili Arsyad. 

Musim lalu, mantan penggawa Persegres Gresik United itu memang sering menghuni bangku cadangan. Dari data Jawa Pos dan Statoskop, Asyad hanya tampil dalam 3 laga bersama PSM musim lalu.

Bahkan, jika ditotal, dia hanya turun selama 82 menit dalam tiga laga tersebut. Arsyad juga hanya mencatatkan 3 umpan kunci tanpa mencetak gol maupun assist. 

Karena itu, kedatangannya ke PSS dinilai sebagai langkah tepat. Apalagi direkrutnya Arsyad memang merupakan permintaan langsung dari pelatih PSS, Seto Nurdiyantara.

“Iya, dia (Arsyad) rekomendasi dari saya,” kata Seto saat dihubungi Jawa Pos. Itu artinya, kans Arsyad untuk tampil musim ini cukup besar.

Meski begitu, bukan berarti Arsyad bisa leha-leha. Arsyad harus bisa bersaing dengan pemain lain. Apalagi Seto mengaku lini depan pasukannya masih belum komplet. “Masih kurang striker asing,” tambah Seto.

Nah, striker asing itu juga dibutuhkan sebagai antisipasi kalau Cristian Gonzales hengkang. Maklum, hingga saat ini, status striker gaek asli Uruguay itu di PSS masih belum jelas. 

Seto bahkan belum berani berspekulasi soal masa depan Gonzales. Padahal, mantan penggawa Persik Kediri itu menjadi andalan PSS saat menjadi kampiun Liga 2 2018.

Meski sudah menginjak usia 42 tahun, Gonzales mampu mencetak 15 gol musim lalu. “Soal itu (Gonzales) manajemen yang lebih tahu,” terang Seto.

Meski begitu, PSS memang sudah cukup agresif dalam bursa transfer kali ini. Selain Arsyad, Super Elang Jawa juga sudah mendaratkan tujuh pemain lain.

Mereka adalah Kushedya, Sidik Saimima, Derry Rachman, Haris Tuharea, Ricky Kambuaya, Jajang Sukmara, serta Nerius Alom. Itu artinya, PSS hanya kurang mendatangkan pemain asing. 

Editor           : Agus Dwi W
Reporter      : (gus)