Alami 2 Kali Kekalahan, Pelatih PSM Tidak Merasa Kecewa

JawaPos.com – PSM Makassar hanya bisa pasrah setelah ditekuk 0-1 oleh Persipura Jayapura dalam laga lanjutan Grup C Piala Presiden 2019. Penyerang senior Persipura, Boaz Solossa menjadi aktor ulung dalam menggagalkan keinginan Juku Eja untuk melaju ke fase selanjutnya. Gol tunggalnya di menit 88 menjadi penutup pertandingan duel tim raksasa Indonesia Timur ini di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Minggu (10/3).

Pelatih kepala PSM Darije Kalezic mengaku tak menyikapi serius kekalahan ini. Baginya, kekalahan di pertandingan kedua ini merupakan hal wajar. Mengingat pemain yang diturunkan merupakan lapis kedua.

“Seperti yang saya katakan sebelumnya saya menggunakan ajang Piala Presiden ini untuk memberikan menit bermain kepada pemain saya. Dan kepada pemain yang tidak bermain melawan Kalteng Putra sebelumnya,” kata Darije usai pertandingan.

Sedari awal, diakui Darije, turnamen pramusim ini merupakan salah satu wadah sekaligus momentum yang tepat untuk melihat kekuatan tim lapis kedua. Menurutnya, apapun hasil pertandingan sama sekali tak akan mempengaruhi niatnya untuk melakukan persiapan lebih dini.

Khususnya bagi pemain yang jarang mendapatkan menit bermain. Pertimbangan lainnya karena saat ini ia hanya fokus untuk menyelesaikan misinya di ajang AFC Cup 2019.

“Ini waktu yang cukup tepat untuk membiarkan pemain-pemain kami yang lain untuk mendapatkan menit-menit bermain,” ujarnya.

Pelatih berkebangsaan Bosnia ini, juga mengapresiasi kerja keras seluruh anak asuhnya sepanjang pertandingan. Hasil ini akan dijadikan sebagai evaluasi untuk mempersiapkan diri dalam pertandingan lanjutan nanti. 

M Arfan menambahkan, para pemain PSM telah berusaha keras untuk mempersembahkan permainan terbaik sepanjang pertandingan. Namun, hasil akhir berkata lain. Senada dengan Darije, hasil ini akan menjadi bahan evaluasi ke depan sebelum ajang kompetisi resmi bergulir.

“Selamat buat Persipura. Mereka layak (menang), tapi kami juga sudah berusaha untuk bermain bagus. Ini persiapan kami untuk menghadapi pertandingan lanjutan nanti. Kita layak dan berusaha keras tapi hasil akhir yang menentukan. Intinya kita sudah bekerja dengan keras. Sesuai dengan arahan pelatih,” pungkasnya.

Editor           : Agus Dwi W
Reporter      : Sahrul Ramadan