Aji Santoso Bocorkan Rahasia Persela Tak Kebobolan dalam 2 Laga

JawaPos.com – Pelatih Kepala Persela Lamongan Aji Santoso membocorkan rahasia timnya tak pernah kebobolan dalam dua laga Piala Presiden 2019 Grup E. Baik saat menang 2-0 lawan Persita Tangerang, Senin (4/3) maupun kalahkan Arema FC 1-0, Sabtu (9/3) malam.

Pemilik Aji Santoso International Football Academy (ASIFA) itu tak segan membuka rahasia dapur tim asuhanhya. Menurut Aji, keberhasilan anak asuhnya dalam menghadapi dua tim tersebut salah satunya karena dirinya mengaplikasikan ilmu yang didapat selama menjalani kursus lisensi AFC Pro.

Dia mengaku banyak ilmu yang didapat dari mengikuti kursus yang sempat digelar di Spanyol itu. Dia tak memungkiri bila keberhasilan timnya juga dikarenakan hasil kursus tersebut. “Jujur saya ikuti kursus ini (AFC Pro), banyak ilmu dan pengetahuan baru yang didapat,” ujarnya.

Pria yang sempat menukangi Arema FC itu mengaku, dari pelatihan itu ada banyak pengetahuan baru yang bisa diterapkan dalam tim asuhannya. Bahkan, hal itu juga dilakukan oleh pelatih lain yang juga mengikuti pelatihan bersama dirinya.

“Tidak hanya saya, tapi semua teman-teman di AFC Pro (menerapkan ilmu itu),” terangnya.

Dia mencontohkan, kesuksesan Persebaya mengalahkan Persib di Piala Presiden. Hasil itu tak lepas dari taktik jitu pelatih Persebaya Djajang Nurjaman yang juga mengikuti kursus tersebut.

“Lihat Persebaya menang lawan Persib, PS Tira menang lawan Persib, PSS Sleman juga menang lawan Borneo. Artinya dari pelatihan ini ada satu knowledge yang bisa diterapkan dalam sepak bola,” ujarnya. Menurut eks bek sayap Timnas Indonesia itu, dengan kursus tersebut bisa menjadikan persepakbolaan Indonesia berkembang.

Sebagai informasi, Aji Santoso mengikuti kursus kepelatihan lisensi AFC Pro bersama dengan 19 pelatih lainnya. Kursus ini telah dijalani sejak tahun lalu dan awal tahun ini sempat menjalani sesi di Spanyol.

Editor           : Agus Dwi W
Reporter      : Fiska Tanjung