3 Pemain Indonesia Yang Dikenal Paling Loyal

JawaPos.com – Menjadi pemain loyal pada era sepak bola modern seperti saat ini memang sukar dicari. Namun, nyatanya ada tiga pemain yang paling setia dengan klubnya masing-masing.

Mereka terus berkostum klubnya bahkan hingga ujung karir. Meski terdegradasi, mereka tetap setia dan enggan mencari pelabuhan lain.

Bahkan, ketika ada kesempatan pindah klub, mereka tidak mau mengambilnya. Siapa saja pemain paling loyal itu? Berikut JawaPos.com sajikan daftarnya:

1. Alm Choirul Huda

Pesela Lamongan, Choirul HudaKiper Pesela Lamongan, Choirul Huda (Dok. Liga 1 2017)

Choirul Huda sudah sejak 1999 membela Persela Lamongan, bahkan hingga ujung hidupnya. Bagi seorang pesepak bola, ini jelas pencapaian yang luar biasa. Dia tetap setia di Lamongan meski ada kesempatan bermain dengan klub lain.

Huda bahkan tutup usia saat memperkuat klubnya tersebut. Dia meninggal dunia usai mengalami benturan keras dengan rekannya sendiri.

2. Ismed Sofyan

Persija Jakarta, Ismed SofyanBek kanan Persija Jakarta, Ismed Sofyan (Chandra Nur Stawika/JawaPos.com)

Bek kanan asal Aceh ini sudah memperkuat Persija Jakarta sejak 2003. Itu berarti sudah nyaris 16 tahun dia berkostum kebanggan klub ibu kota.

Penantian panjangnya akhirnya terwujud di musim lalu. Sebagai kapten, Ismed sukses membawa Macan Kemayoran merih gelar juara Liga 1 2018. Dia sempat diisukan bakal pensiun, tapi nyatanya memperpanjang kontrak untuk musim 2019.

3. Hengky Ardiles

Semen Padang, Hengki ArdilesBek Semen Padang, Hengki Ardiles (Istimewa)

Hengki Ardiles merupakan pemain spesial di Semen Padang saat ini. Dia sudah membela Kabau Sirah sejak 2008 atau dalam kurun waktu 11 tahun.

Sepanjang kariernya, pemain 37 tahun itu cuma hijrah sekali dari Padang, yakni 2006-2008 kala membela Persikabo Bogor. Sebelumnya juga sudah menghuni Semen Padang pada 2000-2006.

Hengki layak menjadi kapten tim karena loyalitasnya. Dia juga menjadi pilar saat Semen Padang menjuarai kompetisi IPL pada 2011-2012. Bahkan saat Semen Padang degradasi musim lalu, dia tetap setia hingga kini kembali promosi.

Editor           : Bagusthira Evan Pratama
Reporter      : Indra Eka Setiawan