2 Pemain Papua Bikin Malu Persipura di Hadapan Kalteng Putra

JawaPos.com – Kalteng Putra menjalani laga krusial menghadapi Persipura Jayapura, Sabtu (16/3) sore. Berlaga di Stadion Moch Soebroto Magelang, tim berjuluk Isen Mulang itu harus bisa menang besar untuk bisa menjadi salah satu peserta babak 8 besar Piala Presiden 2019. 

Namun demikian, justru Persipura yang tampil lebih agresif sejak menit pertama. Tim Mutiara Hitam berupaya banyak menguasai bola dan mencoba bermain dalam tempo cepat. Strategi yang mampu diantisipasi dengan baik oleh skuad Kalteng Putra.

Meski mendapat tekanan, justru Kalteng Putra yang mampu mendapat peluang terbaik pertamanya di laga ini pada menit 14. Sebuah sepakan Pandi Lestaluhu membuat Dede Sulaiman harus melompat guna mengamankan gawangnya.

persipura jayapuraPersipura sempat unggul 1-0 sebelum disalip Kalteng Putra menjadi 1-3. (Instagram Persipurapapua63)

Bola liar disambut dengan baik oleh Diogo. Namun, lagi-lagi penampilan apik Dede Sulaiman di bawah mistar mampu mementahkan semua peluang Kalteng Putra.

Tak banyak peluang yang diciptakan kedua tim sepanjang babak pertama. Bahkan, dua peluang terbaik Persipura pun baru terjadi dalam kurun waktu lima menit jelang waktu normal habis.

Dalam waktu sekitar satu menit, Persipura mampu melakukan ancaman serius ke gawang Kalteng Putra. Namun tendangan keras M Tahir dan Wallacer masih bisa diantisipasi dengan baik oleh Dimas Galih.

Di babak kedua, pelatih Gomes de Oliveira memasukkan Patrich Wanggai untuk meningkatkan daya gedor Kalteng Putra. Strategi ini pun mampu meningkatkan irama permainan Isen Mulang.

Namun, Persipura pun enggan menurunkan agresivitas mereka. Dengan mengandalkan umpan cepat dan pergerakan pemain yang lebih cair, Boaz Solossa dan kolega terus mengancam gawang Kalteng Putra.

Tapi lagi-lagi, meski berada dalam tekanan, Kalteng Putra kembali mendapat peluang emas di babak kedua. Tendangan set pieces Diogo sukses disundul Patrich Wanggai. Sayang, sundulannya hanya mengenai tiang gawang.

Masuknya Gunansar Mandowen menjadi pemecah kebuntuan Persipura. Belum satu menit memasuki lapangan menggantikan Tibo, Mandowen sudah langsung melakukan tendangan keras. Meski mampu ditepis oleh Dimas Galih, bola rebound sukses dimaksimalkan oleh Luis Pilar.

Akan tetapi, gol ini dibayar kontan oleh Patrich Wanggai sekitar satu menit kemudian. Menerima umpan sundulan Diogo dalam sebuah serangan balik, Patrich Wanggai melakukan tendangan voli first time dengan kaki kirinya. Bola mengarah tepat ke sudut gawang yang tak bisa dicapai Dede Sulaiman.

Patrich Wanggai sukses menggandakan keunggulan Kalteng Putra berselang sekitar dua menit kemudian. Kecermatan Wanggai dalam membaca bolong di pertahanan Persipura berbuah manis. Sebuah sepakan kaki kirinya membuat skor berubah menjadi 2-1 bagi Kalteng Putra.

Kalteng Putra rupanya belum puas dengan keunggulan 2-1. Sebuah sepakan keras Michael Rumere pada menit 78 membuat kedudukan kembali berubah. Isen Mulang unggul 3-1 atas Mutiara Hitam.

Persipura segera ngebut untuk bisa mencetak gol balasan. Namun, hingga melewati 4 menit tambahan waktu, gol yang ditunggu tak kunjung hadir. Persipura akhirnya alami kekalahan pertamanya di Piala Presiden 2019.

Dengan kekalahan ini, posisi Persipura di klasemen Grup C pun digeser oleh Kalteng Putra. Meski sama-sama mengantongi 6 poin, Kalteng Putra unggul dalam produktivitas dan head to head dengan Persipura.

Persipura 1-3 Kalteng Putra
(Pilar 69′ – P Wanggai 71′, 73′, Rumere 78′)

Susunan pemain
Persipura Jayapura: Dede Sulaiman, I Nyoman Ansanay, Ricardo Salampessy, Andre Ribeiro, Valentino Telaubun, Manu Wanggai (Ian Kabes 89′), M Tahir, Wallacer de Andrade, Titus Bonai (Gunansar Mandowen 68′), Boaz Solossa, Luis Pilar
Pelatih: Luciano Leandro

Kalteng Putra: Dimas Galih, Wasyiat Hasbullah (Budi 72′), Rafael Bonfim, OK John, Bobby Satria (Kevin Gomes 62′), Fajar Handika (Yunko 72′), I Gede Sukadana, Pandi Lestaluhu (M Rumere 62′), Feri Pahabol, Elthon Maran (Patrich Wanggai 46′), Diogo Campos
Pelatih: Gomes de Oliveira

Wasit: Faulur Rossi

Editor           : Agus Dwi W